728x90 AdSpace

Latest News

Suhu Efektif Bagi Ayam Broiler



energi panas di lingkungan sekitar ayam menunjukkan angka yang tinggi, ayam akan langsung merespon dan berusaha menstabilkan panas tubuhnya dengan cara mengeluarkan panas tersebut ke lingkungan. Dengan kompleksnya berbagai proses thermoregulasi yang dimilikinya (ayam, red), mengakibatkan suhu efektif (suhu yang dirasakan oleh ayam) tidak selalu sama dengan suhu aktual (suhu lingkungan ayam yang dideteksi dengan termometer). Itulah sebabnya dalam upaya menganalisa kenyamanan lingkungan ayam, kita tidak bisa sepenuhnya mengandalkan angka yang diperoleh dari termometer.
Suhu efektif yang dirasakan oleh ayam dalam hal ini juga dipengaruhi oleh tingkat kelembaban udara. Kelembaban udara mencerminkan banyaknya air yang terkandung (terikat) dalam udara. Semakin banyak air yang terikat dalam udara maka udara semakin lembab, begitu juga sebaliknya. Tingkat kelembaban akan mempangaruhi suhu yang dirasakan ayam.
Saat kelembaban tinggi, suhu yang dirasakan oleh ayam menjadi lebih tinggi dibandingkan suhu yang tertera pada termometer. Saat kelembaban 80% dan suhu termometer sebesar 27oC, maka suhu efektif yang dirasakan ayam bisa mencapai 30oC. Begitu juga sebaliknya, saat kelembaban udara 50% dan suhu termometer 33,2oC, maka ayam akan merasakan suhu sebesar 30oC. Berdasarkan hal tersebut penting sekiranya kita memperhatikan suhu dan kelembaban yang nyaman untuk ayam, yaitu 25-28oC dan kelembaban 60-70%.
Bila kita lebih jauh membicarakan kombinasi suhu dan kelembaban, maka kita akan masuk pada satu pengertian dasar yaitu mengenai indeks heat stress (Heat Stress Index/HI). Indeks heat stress didefinisikan sebagai suatu indeks yang menjadi ukuran tingkatan dimana ayam masih dapat beradaptasi atau tidak terhadap kondisi cuaca.
HI bisa diperoleh dengan rumus sebagai berikut (Technical focus, Publication of Cobb Vantress, 2008):
HI= nilai suhu (dalam satuan Fahrenheit (oF)) + nilai kelembaban (dalam satuan %)
Contoh dari rumus di atas, pada suhu 30oC ((30o x 1,8) + 32oC = 86oF) dengan kelembaban yang terukur adalah 85%, maka nilai HI adalah 171. Nilai HI yang masih dapat ditolerir oleh ayam adalah 160, artinya apabila HI melebihi angka 160 maka ayam akan mengalami panting atau megap-megap. Bahkan mungkin akan terjadi kematian. Sebaliknya bila angka HI berada di bawah 160 maka ayam masih dapat beradaptasi. Besarnya kelembaban kandang sangat mempengaruhi nilai HI ini. Pada suhu yang sama dengan kelembaban yang lebih tinggi, maka secara fisiologis ayam akan merasakan suhu yang lebih tinggi dari pada suhu yang terukur.
Sekarang, yang menjadi pertanyaan adalah pada suhu berapa kita semestinya memperlakukan ayam agar tidak mengalami panting? Untuk menjawab pertanyaan ini kuncinya adalah dengan mencermati dan menganalisa tingkah laku ayam secara rutin, serta menentukan apakah ayam sudah mulai mengalami heat stress atau belum.
Beberapa kondisi seperti suhu, kelembaban, serta kepadatan ayam yang tinggi akan mengakibatkan suhu efektif akan lebih tinggi dari suhu aktual. Buruknya ventilasi atau kecepatan angin yang sangat rendah juga akan mengakibatkan hal serupa. Sebaliknya, kondisi kecepatan angin yang terlalu tinggi menerpa ayam akan mengakibatkan suhu efektif lebih rendah dari suhu aktual.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Suhu Efektif Bagi Ayam Broiler Description: Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top